Sekilas mengenai Microsoft SQL Server 2008

Microsoft SQL Server

artmedia.id - Microsoft SQL Server adalah sebuah Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) yang dibuat oleh perusahaan Microsoft untuk ikut bersaing dengan aplikasi DBMS seperti Oracle maupun IBM. Bahasa query yang digunakan pada SQL Server adalah Transact-SQL berasal dari implementasi SQL standar ANSI/ISO. SQL Server sering dipergunakan pada skala bisnis kecil sampai dengan menengah, tetapi lambat laun berkembang pada skala besar. Microsoft SQL Server sudah memiliki banyak versi, dan SQL Server 2008 merupakan versi Microsoft SQL Server yang ke sepuluh, dengan codename “Katmai”. Hingga saat ini, Microsoft SQL Server sudah mencapai versi 2019.

SQL Server 2008 adalah penerus dari SQL Server 2005. Terdapat beberapa perubahan dan kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya yakni SQL Server 2005, diantaranya:

  1. Transaparan Data Encryption. Kemampuan untuk mengenkripsi seluruh database.
  2. Backup Encryption. Dieksekusi pada waktu cadangan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan.
  3. External Key Management. Menyimpan key terpisah dari data.
  4. Auditing. Pemantauan akses data.
  5. Data Compression. Fakta pengurangan ukuran data dan perbaikan kecepatan.
  6. Resource Governor. Membatasi pengguna atau group dari mengkonsumsi tingkat tinggi atau sumber daya
  7. Hot Plug CPU. Tambahkan CPU dengan cepat.
  8. Dynamic Development. ADO baru dari pilihan Visual Studio serta Dot Net 3.
  9. Entity Data Services. Line Of Bisnis (LOB) kerangka dari Badan Query Language (eSQL).
  10. LINQ. Pengembangan bahasa query untuk akses beberapa jenis data seperti SQL dan XML.
  11. Data Sychronizing. Pengembangan aplikasi yang sering terputus.
  12. Large UDT. Tidak ada batasan ukuran pada UDT
  13. Dates and Times. New type data: tanggal, waktu, tanggal waktu offset.
  14. File Stream. New type data varbinary (max) FileStream untuk mengelola data biner.
  15. Spatial Data. Tipe data untuk menyimpan entri Latitude, Longitude, dan GPS.
  16. SQL Server Service Integration. Peningkatan dukungan multiprosesor dan pencarian cepat.
  17. MERGE. Perintah TSQL menggabungkan Insert, Update, Delete.
  18. SQL Server Analysis Server. Stack perbaikan, perhitungan blok yang lebih cepat.
  19. SQL Server Reporting Server. Peningkatan manajemen memori dan rendering yang lebih baik.
  20. Microsoft Office 2007. Penggunaan OFFICE sebagai template SSR. SSR ke WORD.
  21. Dan lain sebagainya.

Selain itu, dalam menggunakan Microsoft SQL Server 2008 kita tidak akan mengalami kesulitan. Karena interface user yang sudah bagus dan bantuan Wizard dari SQL Server semakin mempermudah dan mempercepat dalam membuat sebuah database. Microsoft SQL Server 2008 memberikan kita beberapa pilihan dalam pembuatan sebuah database, antara lain menggunakan Wizard ataupun langsung menggunakan Transact-SQL ataupun yang lainnya.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Microsoft SQL Server dibanding dengan DBMS yang lain, diantaranya:

Kelebihan SQL Server 2008

1. Sistem Basis Data pada level Enterprise
Microsoft SQL Server termasuk pada DBMS profesional. Microsoft SQL Server pun lebih mudah digunakan daripada DBMS yang lain dan juga memiliki lebih banyak fitur karena dukungan penuh dari Microsoft. Software yang ditawarkan dari pihak Microsoft pun juga menawarkan integrasi yang erat dengan .NET Framework yang tidak dimiliki oleh produk-produk lain.
2. Penanganan Data yang Korup
Penanganan data-data yang corupt selalu menjadi perhatian ketika ingin memiliki sebuah DBMS yang digunakan. Pada Microsoft SQL Server memiliki beberapa fitur untuk restorasi data dan pemulihan data. Meskipun beberapa dari tabel individu tidak dapat selalu didukung atau dikembalikan, namun dengan pilihan database yang cukup lengkap dan restorasi yang tersedia pada SQL Server sangat membantu.
3. Instalasi yang Mudah dan Effisien
Microsoft SQL Server dengan mudah kita instal, installernya juga dapat mendeteksi, mendownload dan menginstal update yang tersedia dan diperlukan dalam persyaratan untuk instalasi SQL Server. Dengan fitur0fitur yang diberikan ini dapat mengurangi kompleksitas dalam penginstalan perangkat lunak.
4. Fitur Kinerja yang Lebih Baik
Pada Microsoft SQL Server 2008 sudah terdapat kompresi dan enkripsi data transparan, sehingga kita tidak perlu lagi untuk memodifikasi program dalam mengenkripsi data. SQL Server 2008 juga memiliki sistem kontrol akses yang lebih efisien dan juga terintegrasi dengan beberapa produk Microsoft.

Kekurangan SQL Server 2008

1. Biaya
Salah satu kelemahan utama dalam menggunakan Microsoft SQL Server karena SQL Server sendiri memiliki lisensi yang cukup mahal. Walaupun dalam penggunaan seperti pengembangan ataupun untuk pendidikan diberi secara gratis, namun untuk bisnis ada biaya lisensi yang harus dibayar. Untuk SQL Server 2008 sendiri yang standard Edition biaya diperlukan $7.171 per prosesornya. Untuk edisi SQL Server Datacenter diperlukan $54.990 per prosesor yang dilansir pada situs Microsoft.
2. Kompatibilitas yang terbatas
Microsoft SQL Server hanya dapat dijalankan pada server yang berbasis Wndows. Terkadang terdapat juga masalah kompabilitas pada interaksi dengan software yang berjalan di platform lainnya.

Sumber : buku Membangun Aplikasi dengan Codeigniter dan Database SQL Server