Membuat Database dan Table dengan menggunakan SQL Server

Membuatan Database dan Table SQL Server

artmedia.id - Database mengandung objek-objek yang digunakan untuk mewakili, menyimpan dan mengakses data. Pengertian database dalam Ms. SQL Server adalah kumpulan table, view, trigger, store procedure dan objek-objek lainnya.

Baca juga artikel sebelumnya : Panduan langkah mudah Instalasi SQL Server 2008

Sebelum kita bekerja dengan menggunakan database yang lebih rinci, mari kita menyiapkan terlebih dahulu kerangka database berbentuk kolom-kolom yang kita beri nama table : product. Buat database di SQL Server dengan nama: ecom.

kolom

data type

length

primary

id_product

integer

-

yes

nama_product

varchar

30

 

brand

varchar

30

 

description

text

-

 

barcode

varchar

20

 

price

integer

20

 

Baiklah, kita mulai dengan pembuatan nama database nya terlebih dahulu, karena penulis terbiasa dengan query, maka pembuatan database dan table ini dilakukan dengan menggunakan query. Langkah awal yang akan Anda lakukan ialah buka program aplikasi SQL Server Management Studio  (pilih start->all program->Microsoft SQL Server 2008).

Login dengan memilih Authentication : SQL Server Authentication dengan mengisi user : sa ,dan password : codeigniter , kemudian klik connect. Untuk password dengan nama codeigniter ini kita buat semenjak instalasi Microsoft SQL Server 2008 (ada pada tutorial sebelumnya), bila Anda tadi membuat password lain silahkan disesuaikan dengan password yang sudah Anda buat tentunya.

Login SQL Server

Langkah 1

Klik pada folder Databases, kemudian klik tombol new query. Tuliskan query berikut :

create database ecom

Lalu klik tombol Execute

Langkah 2

Klik pada folder database ecom, kemudian klik tombol new query. Tuliskan query berikut :

create table produk
( id_produk int, nama_produk varchar(30), brand varchar(30), deskripsi text, barcode varchar(20), harga int )

Lalu klik tombol Execute

Langkah 3

Untuk meng-insert data bisa juga kita lakukan dengan query

insert into produk values
(1,’Tas Slempang Camera Nikon’,’Nikon’,’Tas camera Nikon dengan model bentuk segitiga cocok untuk menyimpan gadget kesayangan anda’,’bag101’,’120000’),
(2,’Tas Ransel Pallazzo’,’Pallazzo’,’Tas ransel dengan model casual cocok untuk anda yang berjiwa muda’,’bag102’,’550000’)

Dengan pembuatan database dan table dengan cara penulisan query ini lebih mudah bukan dari pada dengan cara manual? Sampai disini saya harap Anda sudah memahaminya.

Sumber : buku Membangun Aplikasi dengan Codeigniter dan Database SQL Server